Apa itu Penyeimbangan Statis? Balancing Static

Keseimbangan statis terjadi ketika pusat gravitasi suatu benda berada pada poros rotasi. Ini memungkinkan objek tetap diam, dengan sumbu mendatar, tanpa penerapan gaya pengereman. Keseimbangan statis tidak memiliki kecenderungan untuk berputar karena gaya gravitasi.

Apa itu Dynamic Balancing?

Dynamic balancing adalah ketika rotasi tidak menghasilkan gaya sentrifugal atau pasangan yang dihasilkan. Sistem akan berputar tanpa perlu menggunakan kekuatan eksternal atau pasangan, selain dari yang diperlukan untuk menopang bobotnya. Ketika suatu sistem atau mesin tidak seimbang, untuk menghindari tekanan pada bantalan, bobot penyeimbang ditambahkan. Dynamic balancing adalah cara untuk menyeimbangkan mesin dengan memutar komponen dengan cepat dan kemudian mengukur ketidakseimbangan menggunakan peralatan elektronik. Ketidakseimbangan dihitung kemudian dapat ditambahkan atau dikurangi dari berat sampai getaran bagian berkurang.

Related Post

Masalah apa saja yang umumnya terjadi pada cooling tower? Terdapat beberapa masalah yang kerap terjadi pada cooling tower berdasarkan komponen mekanik: Tower structure (loose, damaged atau hilangnya beam), fan shroud,

Jasa Balancing Blower/ Fan Insitu / Onsite KEUNTUNGAN: • Lebih sedikit kerusakan / aus ke bantalan, poros, rotor • Mengurangi biaya energi • Lebih sedikit kerusakan mesin / kehilangan produksi

Pada bagian mesin yang berputar yang disebut rotor harus memiliki keseimbangan/balance yang baik agar performa mesin berjalan lancar. Namun, seiring berjalannya waktu tentunya perputaran rotor mesin akan kehilangan keseimbangan (unbalance)