Menu

Apa itu Alignment ?

Image result for fixturlaser alignment
 
Alignment adalah suatu pekerjaan atau proses mensimetriskan kedua objek atau sumbu poros sehingga sentris antara poros penggerak dengan sumbu poros yang digerakan dengan dua tumpuan saling berkaitan. Tetapi dalam kenyataannya pengertian lurus tidak bisa didapatkan 100% sehingga harus diberikan toleransi kurang dari 0,05 mm, untuk mendapatkan kesentrisan antara kedua poros pemutaran dan poros yang diputar hingga tidak menimbulkan gesekan, getaran, dan faktor-faktor lainnya.

Alignment dapat meminimalisir atau menghindari kemungkinan terjadinya proses memperpendek umur sebuah mesin yang tentu akan mengurangi beban operasional perbaikan mesin anda. Kehandalan unit produksi suatu perusahaan yang didalamnya terdiri dari berbagai macam unit mesin sangatlah didambakan oleh seluruh pengelolanya dan ownernya, agar hasil produksi selalu mencapai target yang telah ditentukan.

Biaya besar yang telah dikeluarkan untuk menambah komponen pendukung untuk mesin agar performa mesin menjadi lebih optimal, membeli system/softwere pendukung untuk mesin, meningkatkan kemampuan pengelola serta memberi pelatihan khusus, dan masih banyak lagi faktor mengoptimalkan kinerja mesin dan pengelolaannya, namun semua ini akan menjadi hal yang tidak ada artinya jika Shaft Alignment pada mesin diabaikan dan tidak menutup kemungkinan terjadinya Mislignment pada mesin anda.

Pentingnya cara pengoperasikan mesin untuk menjaga kesimetrisan dan kinerja mesin anda, mayoritas langkah – langkah pengoperasian mesin adalah memilih mesin sesuai kebutuhan perusahaan, setelah itu melakukan pemasangan atau perakitan mesin sesuai dengan standarisasi mutu mesin tersebut, maka mesin siap di operasikan. Standard Operating Procedure (standarisasi prosedur operasi mesin) dan check list (daftar data) harus dibuat agar langkahh-langkah  mengoperasikan terjaga, terstruktur, baik dan benar.

Kesalahan langkah dalam pengoperasian mesin dapat berakibat pengikisan komponen pada mesin yang dapat menyebabkan kerusakan salah satu komponen pada mesin, bahkan dapat mengakibatkan kerusakan komponen mesin dan mesin lainnya yang terkait, kesalah langkah dalam pengoperasian mesin dapat menyebabkan kejadian-kejadian  yang tidak diinginkan terhadap sumber daya manusia yang berperan.

Berbagai macam cara untuk menjaga dan menguji tingkat kesimetrisan suatu objek (sumbu poros) pengujian pada mesin anda, berikut macam macam Alignment System :

Bore alignment Keselarasan objek dengan proses pengeboran
Laser alignment Keselarasan objek dengan proses inframerah (infrared)
Alignment turbine generator Keselarasan objek dengan proses mesin penggerak berporos pada sudut baling-baling yang digerakan oleh sumber energi air, udara, uap, dll
Alignment compressor Keselarasan objek dengan proses kompresorisasi objek
Alignment fan blower Keselarasan objek dengan proses kipas peniup
Alignment pompa vertical Keselarasan objek dengan proses pompa dari atas ke bawah atau sebaliknya
Alignment Sheave Keselarasan objek dengan proses menarik katrol pengungkit

Pemeliharaan atau perawatan mesin merupakan faktor penentu apakah performa mesin dalam keadaan  baik atau tidak untuk dioperasikan berdasarkan  jangka waktu yang telah ditentukan. Produksivitas mesin yang diinginkan tidak akan tercapai jika pemeliharaan mesin tidak diselenggarakan dengan terstruktur (dijadwalkan).

Anda dapat memperpanjang  umur mesin dengan melakukan perawatan mesin terstruktur. Berikan perawatan pada mesin anda dengan condition monitoring sehingga meminimalisir biaya tidak terduka dan memhindari kemungkinan  terjadinya misalignment pada mesin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *