Mengapa diperlukan Oil Analysis ?

Hasil gambar untuk oil analysis

Tahukah anda tentang oil analysis, dan tahukah anda seberapa penting oil analysis untuk kepentingan aktivitas manusia, aktivitas manusia tidak bisa dipisahkan dari kendaraan karna tanpa kendaraan kita tdk bisa berpindah tempat dengan cepat.

Pada umumnya kendaraan pasti membutuhkan oil sebagai salah satu element untuk menunjang kemampuan mesinya, salah satu contohnya adalah oil pada kendaraan bermotor, peran oil dalam kendaraan bermotor sangat penting peranya karna fungsi oil dalam mesin adalah melumasi dan melapisi bagian-bagian logam yang bergerak dan saling bergesekan saat mesin menyala.

Bisa dibayangkan bila kendaraan kita tidak memiliki oil maka benda-benda logam yang ada dimesin kita, Jika menyala dan bila saling bergesekan akan  menyebapkan rusak atau aus karna tidak ada pelumas yang melapisi logam tersebut.

Selain logam akan aus dan rusak, juga tercipta suhu sangat tinggi. Pada gilirannya akan mengubah struktur fisik logam tersebut. Setinggi apa pun kualitas logam akan rusak dan hancur jika tanpa pelumasan.

Dari ilustrasi di atas bisa diketahui seberapa besar peran oil dalam mesin kendaraan, oleh sebab itu oil yang harus dipakai hendaknya memiliki standar atau kualitas. Untuk mengukur atau menguji suatu kualitas oil, dibutuhkan suatu alat yang dapat menguji kadar oil atau kandungan yang terdapat didalam oil itu sendiri. 

Oil analysis adalah salah satu alat yang dapat menguji kandungan di dalam oil dengan sangat cepat. Dengan oil analysis kita bisa tahu akan kandungan yang ada di dalam oil, kita bisa tahu bila terjadi kontaminasi terhadap oil yang akibatnya dapat merugikan kita sendiri, yaitu oil analyzer.

Dapat dibayangkan jika suatu mesin dimasukan oil yang sudah terkontaminasi dengan air misalnya maka hasil kerja dari oil tidak akan maksimal dan masalah baru akan muncul untuk mesin anda sebagai contoh kecilnya adalah logam yang ada di dalam mesin anda menjadi karat.